Jumat, 29 Juni 2012

Jurnal : Teknologi Informasi di Bidang Jasa


Teknologi Informasi di Bidang Jasa

Oleh : Fuad Hajar Karim

Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi, Indonesia

E-mail: jaangsob@yahoo.co.id

Abstrak

Teknologi Informasi saat ini sangat dibutuhkan pada setiap bidang usaha karena tanpa adanya teknologi perkembangan usaha pada suatu Negara tidak akan berjalan lancar dan sulit untu. Informasi yang didapat juga tidak maksimal dan terkesan lambat. Oleh karena itu dibutuhkannya Teknologi Informasi dalam segala bidang usaha termasuk bidang usaha jasa, yang dimana perusahaan membutuhkan suatu pengolah data yang cepat agar dapat menghasilkan usaha yang semaksimal mungkin. Untuk mengolah suatu data misalkan pelayanan kereta api yang membutuhkan Teknologi Informasi untuk mendata jadwal kereta dengan sistem komputerisasi secara masal dan dapat dikendalikan oleh server.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Jasa


Abstrak

Information technology today is very necessary in every field of business due to the absence of technology business development in a country will not go well and hard untu. The information obtained is also not optimal and slow impressed. Hence the need for Information Technology in all areas of business including business services, where companies need a fast data processing in order to produce the maximum possible effort. To process an example of data that require rail service information technology to record the train schedule with a computerized system en masse and can be controlled by the server.
Keywords: Information Technology, Services




1.      Pendahuluan
Pada saat ini Teknologi Informasi sangat penting di dalam bidang usaha khususnya bidang jasa karena setiap bidang jasa harus memiliki informasi-informasi yang akurat agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Maka dari itu setiap perusahaan akan sangat membutuhkan alat Teknologi informasi untuk dapet mengolah data dan mendapatkan informasi secara realtime. Misal, PT.KAI, perusahaan tersebut akan mengembangkan suatu system untuk mengatur client-client melalui server. Dan server juga berguna untuk melindungi client dari tindakan yang merugikan seperti hacker, cracker dll.

2.       Perkembangan Teknologi Informasi
Saat ini Teknologi Informasi berkembang dengan sangat cepat. Terkadang kita tidak dapat lagi mengikutinya. Teknologi Informasi merupakan perpaduan dari komputer, komunikasi, data, dan interaksi dengan pengunanya.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

3.       Penerapan Teknologi Informasi pada bidang jasa
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.








4.      Kesimpulan
Jadi, Teknologi Informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang jasa. Saat ini untuk mendapatkan Informasi mudah karena adanya tenknologi informasi dan semakin berkembangnya teknologi maka kebutuhan manusia dalam memperoleh informasi yang akurat pun menjadi mudah karena adanya teknologi informasi. Perusahaan sangat membutuhkan teknologi informasi untuk mengolah suatu data misal, PT.KAI, perusahaan tersebut akan mengembangkan suatu system untuk mengatur client-client melalui server. Dan server juga berguna untuk melindungi client dari tindakan yang merugikan seperti hacker, cracker dll.

5.      Daftar Pustaka
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/perkembangan-teknologi-informasi-3/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar